/* Kotak Banner ===================== */ #Box-Banner-ads { margin: 0px; padding: 5px; text-align: center; } #Box-Banner-ads img { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px outset #c0c0c0; } #Box-Banner-ads img:hover { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px inset #333; }

Senin, 16 Februari 2015

langkah pembelajaran scaintific, materi turunan fungsi

Mendeskripsikan konsep dan sifat turunan fungsi terkait dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maksimum, titik minimum dan titik belok).
A.    Materi
Misalkan f adalah fungsi bernilai real yang kontinu dan memiliki turunan pertama dan kedua pada x1 I sehingga:
1.     Jika f '(x1) = 0 maka titik (x1, f(x1)) disebut stasioner/ kritis
2.     Jika f '(x1) = 0 dan f "(x1) > 0 maka titk (x1, f(x1)) disebut titik balik minimum fungsi
3.     Jika f '(x1) = 0 dan f "(x1) < 0 maka titik (x1, f(x1)) disebut titik balik maksimum fungsi
4.     Jika f ''(x1) = 0 maka titik (x1, f(x1)) disebut titik belok
Contoh
Tentukanlah titik balik fungsi kuadrat f(x) = x2 – 4x + 3
Penyelesaian:
Dengan menggunakan konsep turunan, maka
fungsi f(x) = x2 – 4x + 3 mempunyai stasioner f '(x) = 2x – 4 = 0 atau x = 2
dengan mensubstitusi nilai x = 2 ke fungsi y = f(x) = x2 – 4x + 3
diperoleh y = –1
sehingga titik stasioner adalah B(2, –1)
Jenis keoptimalan fungsi:
f "(x) = 2 atau f "(2) = 2 > 0 berdasarkan konsep, titik tersebut adalah titik minimum.
Jadi, titik balik fungsi kuadrat f(x) = x2 – 4x + 3 adalah minimum di B(2, –1).

B.     Indikator sikap
-          Tidak boros dalam biaya pengengeluaran, karena mampu menghitung nilai minimum biaya pengeluaran.
-          Tawakal kepada Tuhan YHE dalam menghadapi masalah hidup yang naik turun

C.     Metode / Strategi CTL
a.       Setelah memandu, mengarahkan siswa memahami aplikasi turunan dalam menentukan fungsi naik/ turun maka pada bagian ini, siswa dipandu untuk menemukan titik balik dan nilai maksimum/minimum pada suatu fungsi yang terdiferensialkan.
b.      Siswa diberikan permasalahan sehari-hari mengenai fungsi dalam hal ini seorang anak yang sedang bermain tali. Pandu siswa untuk menemukan konsep titik balik (maksimum atau minimum) pada suatu fungsi. Arahkan siswa kembali ke konsep persamaan garis singgung. Pada kesempatan ini, PGS diarahkan ke titik balik suatu kurva.(mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi)
c.       Minta siswa menunjukkan titik balik (maksimum) dan titik balik (minimum) pada gambar grafik fungsi. Minta siswa membuat garis singgung pada setiap titik balik tersebut. Tentu yang diperoleh adalah garis yang horizontal atau sejajar sumbu x. Ingatkan siswa kembali ke konsep gradien persamaan garis lurus. (mengkomunikasikan dan eksperimen)
d.      Minta siswa mengamati PGS1, PGS2,PGS3 dan PGS4 pada kurva. Minta siswa menemukan gradien keempat garis singgung tersebut.(mengamati dan eksperiman)
e.       Dengan pengamatan dan pemahaman pada teori, arahkan siswa menemukan konsep titik stasioner dengan f’)x)=0.(mengolah informasi)
f.       Siswa diminta untuk mengamati sketsa turunan pertama suatu fungsi y = m(x)=f’)x)yang terdapat beberapa garis singgung pada kurva turunan pertama tersebut. Arahkan siswa mengamati gambar hubungan garis singgung kurva m = f '(x)  dengan titik stasioner Pandu siswa mengamati garis singgung. (mengamatidan mengumpulkan informasi)
g.      Misalkan gradien garis singgung adalah M sehingga dengan konsep diawal bab, M=m’(x)=f”(x). Arahkan siswa menganalisis gradien masing – masing garis singgung. Arahkan siswa menyimpulkan ke konsep titik balik maksimum/minimum suatu fungsi.(mengamati, mengolah informasi)
h.      Arahkan siswa memahami tabel hubungan turunan kedua fungsi dengan  titik optimal (stasioner). Guru mengajukan suatu fungsi yang baru untuk dianalisis oleh siswa berdasarkan tabel tersebut. (mengamati dan mengumpulkan informasi)
i.        Dengan pemahaman pada teori, guru dan siswa bersama – sama membentuk sebuah kesimpulan dalam bentuk sifat turunan. Arahkan siswa memahami sifat turunan tersebut. (mengkomunikasikan)
j.        Guru memberikan sebuah soal terkait sifat yang telah disimpulkan. Guru memandu siswa menyelesaikannya dengan menggunakan konsep fungsi kuadrat.(eksperimen)
k.      Pandu siswa menyelesaikan kembali dalam menentukan titik balik dengan menggunakan konsep turunan.
l.        Guru mempersilahkan siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai apa yang telah dipelajari. (menanya)

m.    Guru memberi penguatan (mengkomunikasikan)

Tidak ada komentar: