MANAGEMENT SUMBER DAYA MANUSIA
RUMUSAN
MASALAH
A.
Apa
pengertian managemen SDM?
B.
Apa
saja fungsi dan tujuan managemen SDM?
C.
Bagaimana
peran managemen SDMdalam pengembangan mutu pendidikan?
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai
masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja
lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
Bagian atau unit yang biasanya
mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris
disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner manajemen
sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk
memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan
pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Manajemen sumber daya manusia juga
menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan
karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja,kompensasi karyawan dan hubungan
ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua
keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya
manusianya.
Berikut ini adalah pengertian
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:
1.
Menurut Melayu SP.
Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan
tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan,
karyawan dan masyarakat.
2.
Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian,
pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi
atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system
perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir,
evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.
3.
Menurut Achmad S. Rucky
MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam
proses akusis, pendayagunaan,pengemebangan dan pemeliharaan personil yang
dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan
sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai
tujuan-tujuannya.
4.
Menurut Mutiara S.
Panggabean
MSDM adalah proses yang terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan
dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan,
pengadaan, pengembngan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
pengadaan, pengembngan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari definisi di atas, menurut Mutiara S. Panggabaean bahwa,
kegiatan di bidang sumber daya manusia dapat dilihat dari dua sudut pandang,
yaitu dari sisi pekerjaan dan dari sisi pekerja.
Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan
pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.
Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan
pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.
Dengan definisi di atas yang
dikemukakan oleh para ahli tersebut menunjukan demikian pentingnya manajemen
sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan
masyarakat.Unsur manajemen (Tool of management), biasa dikenalMarket/ marketing,
pasar.
B.
TUJUAN MANAJEMEN SUMBER
DAYA MANUSIA (SDM) KUALITAS YANG TEPAT
Tujuanmanajemensumberdayamanusiaadalahmemperbaikikontribusiproduktif
orang-orang atautenagakerjaterhad aporganisasi atau perusahaan dengancara yang bertanggungjawab
secara strategis, etisdansosial. Para manajerdan departemensumberdayamanusia mencapai
maksudmereka denganmemenuhitujuannya.
Tujuanmanajemensumberdayamanusiatidakhanyamencerminkankehendakmanajemen
senior, tetapi jugaharusmenyeimbangkan tantanganorganisasi,
fungsisumberdayamanusiadan orang-orang terpengaruh.Kegagalanmelakukantugasitudapatmerusakkinerja,
produktifitas, laba, bahkankelangsunganhiduporganisasiatauperusahaan.
4 (Empat) tujuanmanajemen SDM adalahsebagaiberikut:
1. TujuanSosial
Tujuansosialmanajemensumberdayamanusiaadalah agar
organisasiatauperusahaanbertanggungjawabsecarasosialdanetisterhadapkeutuhandantantanganmasyarakatdenganmeminimalkandampaknegatifnya.
2. TujuanOrganisasional
Tujuanorganisasionaladalahsasaran formal yang
dibuatuntukmembantuorganisasimencapaitujuannya.
3. TujuanFungsional
Tujuanfungsionaladalahtujuanuntukmempertahankankontribusidepartemensumberdayamanusiapadatingkat
yang sesuaidengankebutuhanorganisasi.
4. Tujuan
Individual
Tujuan individual adalah tujuanpribadidari tiapanggota organisasi
atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalamorganisasi.
C.
MSDM untukMeningkatkanMutuPendidikan di Sekolah
Sebagaiupayauntukmengembangkan SLB kearah yang
diharapkanmakadiperlukanpengelolaan yang efektif.Pengelolaan yang
dimaksudadalahsuatuteknisataulangkah-langkah yang
tepatuntukmengembangkansekolah agar menjadilembagapendidikan yang
bermutusesuaidengan yang diharapkan.Sebagai stakeholders
pendidikananakberkebutuhankhusustidakadaalasanuntukmengabaikanmasalahmutudalammenyelenggarakanpendidikannya,
karenadalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 padapasal 5 ayat 1 ditegaskanbahwa
“Setiapwarganegaramempunyaihak yang samauntukmemperolehpendidikan yang
bermutu”. Sesuaidenganpermasalahan yang
diajukandalammakalahinimakapembahasannselanjutnyaakanmenyorotimasalahmanejensumberdayamanusia
di sekolah. Denganmanajemen yang baikmakasumberdaya yang
adaakansecarasinergiberdayagunamenujukeberhasilansuatusekolahmencapaitujuanpendidikan
yang telahdituangkandalamkurikulumsekolah.
Dengankepemimpinankepalasekolahsebagaimanajer di sekolahsemuasumberdaya yang
adasemestinyadikeloladenganbaik.Pembenahanuntukmenujukearahitudiantaranyadilakukandengancara-carasebagaiberikut
:
a. Kepalasekolahdiupayakanharusmemilikisikap,
pengetahuan, danketerampilansebagaiseorangmanajer yang harusmengelolasekolahsebagaisuatuorganisasi
yang bermutu demi mencapaitujuanpendidikan yang
telahdituangkandalamkurikulumsekolah. Hal
inidapatdilakukandenganmengikutiprinsiplife long education.23
b.
Personilsekolahharusmengertidanmenguasaitugasdanfungsinya,
yaitumelaluipembinaan-pembinaan, diklat, seminar, diskusi, dansejenisnya.
c. Adanyapembagiantugas
yang baikkepadasemuapersonilsekolah.
Artinyapembagiantugasitudilakukansecaratepat (the right man on the rihgt
place) sertatugas-tugastersebutdilaksanakansebaik-baiknyadenganpenuhtangungjawab.
d. Dilaksanakannyafungsi-fungsimanajemendenganbaikmulaidariplanning,
organizing, actuating, controling, dan evaluating. UntukmembinabidangketenagaansecarakhususmakaperludikeloladenganmenerapkanManajemenSumberDayaManusia
(MSDM).Untuklebihjelasnyatentang MSDM
kaitannyadenganpeningkatanmutupendidikandibahaspadauraian-uraian di bawahini.
DAFTAR
PUSTAKA
http://jahidinsujawinata61.files.wordpress.com/2012/08/peranan-manajemen-sumber-daya-manusia-dalam-meningkatkan-mutu-pendidikan.pdf
http://andiayu.wordpress.com/2010/05/28/tujuan-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm-kualitas-yang-tepat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar