/* Kotak Banner ===================== */ #Box-Banner-ads { margin: 0px; padding: 5px; text-align: center; } #Box-Banner-ads img { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px outset #c0c0c0; } #Box-Banner-ads img:hover { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px inset #333; }

Rabu, 04 Februari 2015

MANAGEMENT SUMBER DAYA MANUSIA

MANAGEMENT SUMBER DAYA MANUSIA
RUMUSAN MASALAH
A.    Apa pengertian managemen SDM?
B.     Apa saja fungsi dan tujuan managemen SDM?
C.     Bagaimana peran managemen SDMdalam pengembangan mutu pendidikan?

PEMBAHASAN
A.      PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja,kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.
Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:
1.       Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
2.       Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.
3.       Menurut Achmad S. Rucky
MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan,pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.
4.       Menurut Mutiara S. Panggabean
MSDM adalah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan,
pengadaan, pengembngan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari definisi di atas, menurut Mutiara S. Panggabaean bahwa, kegiatan di bidang sumber daya manusia dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sisi pekerjaan dan dari sisi pekerja.
Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan
pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.
Dengan definisi di atas yang dikemukakan oleh para ahli tersebut menunjukan demikian pentingnya manajemen sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.Unsur manajemen (Tool of management), biasa dikenalMarket/ marketing, pasar.
B.      TUJUAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KUALITAS YANG TEPAT
Tujuanmanajemensumberdayamanusiaadalahmemperbaikikontribusiproduktif orang-orang atautenagakerjaterhad aporganisasi atau perusahaan dengancara yang bertanggungjawab secara strategis, etisdansosial. Para manajerdan departemensumberdayamanusia mencapai maksudmereka denganmemenuhitujuannya.
Tujuanmanajemensumberdayamanusiatidakhanyamencerminkankehendakmanajemen senior, tetapi jugaharusmenyeimbangkan tantanganorganisasi, fungsisumberdayamanusiadan orang-orang terpengaruh.Kegagalanmelakukantugasitudapatmerusakkinerja, produktifitas, laba, bahkankelangsunganhiduporganisasiatauperusahaan.
4 (Empat) tujuanmanajemen SDM adalahsebagaiberikut:
1.      TujuanSosial
Tujuansosialmanajemensumberdayamanusiaadalah agar organisasiatauperusahaanbertanggungjawabsecarasosialdanetisterhadapkeutuhandantantanganmasyarakatdenganmeminimalkandampaknegatifnya.
2.      TujuanOrganisasional
Tujuanorganisasionaladalahsasaran formal yang dibuatuntukmembantuorganisasimencapaitujuannya.
3.      TujuanFungsional
Tujuanfungsionaladalahtujuanuntukmempertahankankontribusidepartemensumberdayamanusiapadatingkat yang sesuaidengankebutuhanorganisasi.
4.      Tujuan Individual
Tujuan individual adalah tujuanpribadidari tiapanggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalamorganisasi.
C.      MSDM untukMeningkatkanMutuPendidikan di Sekolah
Sebagaiupayauntukmengembangkan SLB kearah yang diharapkanmakadiperlukanpengelolaan yang efektif.Pengelolaan yang dimaksudadalahsuatuteknisataulangkah-langkah yang tepatuntukmengembangkansekolah agar menjadilembagapendidikan yang bermutusesuaidengan yang diharapkan.Sebagai stakeholders pendidikananakberkebutuhankhusustidakadaalasanuntukmengabaikanmasalahmutudalammenyelenggarakanpendidikannya, karenadalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 padapasal 5 ayat 1 ditegaskanbahwa “Setiapwarganegaramempunyaihak yang samauntukmemperolehpendidikan yang bermutu”. Sesuaidenganpermasalahan yang diajukandalammakalahinimakapembahasannselanjutnyaakanmenyorotimasalahmanejensumberdayamanusia di sekolah. Denganmanajemen yang baikmakasumberdaya yang adaakansecarasinergiberdayagunamenujukeberhasilansuatusekolahmencapaitujuanpendidikan yang telahdituangkandalamkurikulumsekolah. Dengankepemimpinankepalasekolahsebagaimanajer di sekolahsemuasumberdaya yang adasemestinyadikeloladenganbaik.Pembenahanuntukmenujukearahitudiantaranyadilakukandengancara-carasebagaiberikut :
a.       Kepalasekolahdiupayakanharusmemilikisikap, pengetahuan, danketerampilansebagaiseorangmanajer yang harusmengelolasekolahsebagaisuatuorganisasi yang bermutu demi mencapaitujuanpendidikan yang telahdituangkandalamkurikulumsekolah. Hal inidapatdilakukandenganmengikutiprinsiplife long education.23

b.      Personilsekolahharusmengertidanmenguasaitugasdanfungsinya, yaitumelaluipembinaan-pembinaan, diklat, seminar, diskusi, dansejenisnya.
c.       Adanyapembagiantugas yang baikkepadasemuapersonilsekolah. Artinyapembagiantugasitudilakukansecaratepat (the right man on the rihgt place) sertatugas-tugastersebutdilaksanakansebaik-baiknyadenganpenuhtangungjawab. d. Dilaksanakannyafungsi-fungsimanajemendenganbaikmulaidariplanning, organizing, actuating, controling, dan evaluating. UntukmembinabidangketenagaansecarakhususmakaperludikeloladenganmenerapkanManajemenSumberDayaManusia (MSDM).Untuklebihjelasnyatentang MSDM kaitannyadenganpeningkatanmutupendidikandibahaspadauraian-uraian di bawahini.

DAFTAR PUSTAKA
http://jahidinsujawinata61.files.wordpress.com/2012/08/peranan-manajemen-sumber-daya-manusia-dalam-meningkatkan-mutu-pendidikan.pdf
http://andiayu.wordpress.com/2010/05/28/tujuan-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm-kualitas-yang-tepat/



Tidak ada komentar: