/* Kotak Banner ===================== */ #Box-Banner-ads { margin: 0px; padding: 5px; text-align: center; } #Box-Banner-ads img { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px outset #c0c0c0; } #Box-Banner-ads img:hover { margin: 0px 8px 4px 0px; padding: 3px; text-align: center; border: 3px inset #333; }

Selasa, 20 Desember 2016

AMALAN MENGUBAH TAKDIR



4 amalan pengubah taqdir sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an al-Karim dan hadits qudsi.
1.      Allah Ta’ala menaqdirkan bahwa usaha seorang hamba merupakan amalan yang bisa mengubah taqdir-Nya.
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Qs. ar-Ra’du [13]: 11)
2.      Amalan kedua sebagaimana disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam sebuah hadits qudsi. Ialah doa yang dipanjatkan dengan keyakinan sepenuh hati. Doa yang menembus ‘Arsy hingga Allah Ta’ala menaqdirkan keterkabulan atas apa yang diminta oleh sang hamba.
3.      amalan ketiga yang ditaqdirkan mampu mengubah taqdir adalah prasangka baik. Ketika seorang hamba berprasangka dirinya lemah sedangkan Allah Ta’ala Mahakuat, maka Dia akan memberikan yang terbaik kepada seorang hamba sesuai dengan kadarnya dalam merendahkan diri di hadapan Zat Yang Mahamulia.
4.      Sedangkan amalan yang terakhir adalah tawakkal. Ialah pasrah sepenuh hati setelah melakukan usaha yang maksimal. Menyadari sepenuh hati, bahwa dirinya lemah dan hanya Allah Ta’ala Yang Mahakuasa untuk mengabulkan atau menggagalkan sesuatu.
Tawakkal ini sebagaimana disebutkan dalam surat ath-Thalaq [65] ayat 3, “Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi semua kebutuhannya.”


Tidak ada komentar: